Tuesday, June 28, 2011

PENSIL (wikipedia /sejarah pensil)

pensil yang sudah di raut
Pensil(pencil) adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah terlalu lembut memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan dan mengotori tangan saat di pegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini di balut dengan kertas atau kayu.



pensil warna
SEJARAH
Penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengkilap, serta mudah di hapus di atas permukaan yang bisa di tulisi. Pada masa ini istilah grafit masih di salah artikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya "seperti timah" mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih di gunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan di bungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuk tongkat di bebat dengan tali. tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560 an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.
 Tak lama kemudian, timah hitam di tambang da di ekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke 17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan dimana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil ber eksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang baik. karena murni seerta mudah di ekstrak, timah hitam dari borrowdale menjadi incaran pecuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa di penjarakan atau di buang ke suatu koloni narapidana.
  Namun pada tahu 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. G4rafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Wenner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.

PERKEMBANGAN PENSIL
   Selama bertahun-tahun, grafit Inggris memonopoli industri pembuatan pensil karena cukup murni untuk digunakan tanpa perlu di proses lagi. Karena grafit Eropa kurang bermutu, pabrik-pabrik pensil di sana bereksperimen dengan berbagai cara untuk memperbaiki isi pensil. Insinyur Prancis Nicolas-Jacques Conte mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, membentuk campuran itu menjadi batang-batang, dan membakarnya dalam  perapian. dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia bisa membuat pensil yang menghasilkanberbagai gradasi warna hitam--proses yang digunakan sampai sekarang.
Pada abad ke-19, pembuatan pembuatan pensil menjadi bisnis besar. Grafit ditemukan di beberapa tempat, termasuk Siberia, Jerman, dan yang sekarang di sebut Republik Ceko. di Jerman dan Kemudian di Amerika Serikat, sejumlah pabrik dibuka. Mekanisasi dan produksi massal menekan harga, pada awal abad ke 20, bahkan anak-anak sekolah menngunakan pensil.
rautan pensil sebagai pelengkap alat tulis

Awalnya pensil grafit di beri balutan kertas yang dirobek sesuai keinginan pemakainya. namun kemudian di temukan cara lebih praktis dan efisien dengan menyelimuti seluruh batang grafit dengan dua bilah kayu yang di toreh untuk menyediakan tempat bagi batang grafit dan kemudian di satukan.

Peraut mekanis mempermudah pengguna saat meraut pensil












Grafit murni mungkin lebih disukai seniman karena karakteristiknya yang lebih ligas. Namun untuk penggunaan sehari-hari, diperlikan grafit yang berkualitas lebih rendah agar lebih fleksibel. Pada tahun 1795, ahli kimia Prancis, Nicolas Jacques Conte, menemukan cara mencampur grafit dengan tanah liat agar di hasilkan pensil yang lebih baik dan praktis. salah satu produk turunannya adalah pensil  Konte.
Pada 30 Maret 1858 Hymen Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun kemudian paten ini di batalkan dengan alasan sebenarnya tidak ada penemuan hal baru dari pensil tersebut. Peraut mekanik ditemukan pada 1880 dan dengan cepat menjadi sangat populer.

PEMROSESAN MODERN
teknik pemberian selimut pensil
Pensil di era modern di buat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, di anginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah di cetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis di lapisi dengan kayu halus.
Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena kterbatasan mesin produksi. Namun era modern, lebih banyak di temui bentuk bulat yang lebih nyaman di genggam. meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.

KARAKTERISTIK

Berbeda dengan pena, pensil cenderung memberikan kesan abu-abu dan warna yang lemah dan pecah dibandingkan dengan pena yang memberikan warna yang padat dan tajam. Pensil juga lebih mudah dihapus dibandingkan pena.
Beberapa pensil disertai dengan penghapus untuk alasan kepraktisan. Pensil seperti ini sangat disukai pelajar. Namun kebanyakan seniman profesional yang mengutamakan mutu akan lebih menyukai pensil tanpa penghapus, mengingat penghapus ini diragukan mutunya dan frekuensi menghapus lebih besar akan membuat penghapus yang terlalu kecil akan cepat terbuang sia-sia.

IDENTITAS

dua batang pensil tanpa warna di bagian kayunya
Pensil dibedakan menurut komposisi. Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tanda F berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka didepan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2 H akan lebih keras daripada H atau 2 B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti memiliki kedua sifat keras dan tebal.
Warna pensil memperlihatkan area produksinya. pabrik-pabrik di amerika utara memberi warna kuning, jerman dan berhasil memberi warna hijau. india dan beberapa wilayah Asia memberi warna hitam dan merah. Swiss memberi warna merah. Sedangkan Inggris memberi warna kuning dan hitam. Kebanyakan standarisasi warna ini diciptakan produsen faber-castell. namun banyak pula produsen yang tidak mengikuti standar ini.


Isu Kesehatan

pensil dermatograf
Banyak sekali pengguna pensil yang tertipu dengan istilah lead pensil dan mengira bahwa jenis pensil ini mengandung bahan kimia beracun. sebenrnya pensil timbal hanya mengandung grafit dan tanah liat, bahan alami persenyawaan karbon yang sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh

Namun dilaporkan beberapa kasus bekas tusukan pensil timbal terhadap kulit menyebabkan bekas kehitaman yang menetap bertahun-tahun.

JENIS PENSIL DI ERA MODERN

Kemajuan teknologi material dan manufaktur membuat banyakjenis pensil yang bisa ditemui di pasar sesuai kegunaan masing-masing. diantaranya adalah :
pensil mekanis
- Pensil timah
- Pensil grafit murni
-Pensil mekanik
-Pensil Warna
-Konte
-Pastel dalam bentuk pensil
-Dermatograf
PENSIL MODERN

Pensil sekarang adalah alat tulis dan gambar yang canggih seklaigus serbaguna, yang setuap tahun diproduksi diseluruh dunia hingga milyaran batang. Pensil biasa dapat membuat garis sepanjang 60 km dan menulis 45 ribu kata. Isi pensil mekanis , yang tangkainya dari logam atau plastik, tidak perlu di raut. Sebagai ganti grafit, pensil berwarna berisi bahan pewarna dan pigmen dalam puluha warna.
(disadur dari wikipedia.org)

No comments:

Post a Comment